KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA
( A M I C )
A. PENJELASAN TENTANG KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA
Kolaborasi antar muka ototmotif
multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau
computer dan radio dalam mobil. Satiap alat elektronik itu harus dapat bekerja
dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal.
Setiap perangkat elektronik yang
dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau
multimedia bisa saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di
dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka
multimedia.
Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan
dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum
untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan
diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan
waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara
elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi
dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.
Standar-standar akan memungkinkan
sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang
di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer
pribadi.
Tujuan dari AMIC ini antara lain
menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk
menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem
navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem
antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan
komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur
komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input /
output.
B. IMPLEMENTASI DARI OTOMOTIF MULTIMEDIA DALAM BERBAGAI BIDANG
> Bidang Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis
meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database,
catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video
conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam
suatu tempat yang sama.
Dengan adanya aplikasi multimedia
inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar. Contoh
: Company Profile, Presentasi Bisnis dan Simulasi atau demonstrasi.
> Bidang Pendidikan
> Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini
mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan
interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti
selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti
aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi
tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi
anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca
maupun belajar hal lainnya.
> Bidang Industri
Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
Serangkaian spesifikasi umum untuk
multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk
mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam
kendaraan. Mobil yang sudah menggunakan otomotif multimedia yaitu Toyota,
Honda, BMW, Nissan, Ford dan sebagainya.
C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan :
- Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Memfasilitasi pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Kekurangan :
- Dengan system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti di jual dengan harga mahal.
Saran
:
Multimedia sangat baik diterapkan dalam bidang
otomotif sebagai trobosan dalam bidang ilmu teknologi, sebagai alat bantu
simulasi kita dapat menentukan standarisasi melalu multimedia.
0 comments:
Post a Comment